Tentang Instagram Marketing – Instagram adalah sebuah aplikasi tempat berbagi foto dan video dimana penggunanya bisa secara bebas memposting, menambahkan filter, mengambil foto dan video, membagikannya hingga berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya. Media sosial ini muncuk di tahun 2010 oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom. 10 tahun populer di jagad dunia maya, Instagram kini menjadi salah satu jejaring sosial paling sukses. Sudah jutaan orang di dunia yang mengaktifkan akun Instagram dan menggunakannya sebagai akun personal, hiburan atau bahkan bisnis.

Yep! Memanfaatkan Instagram sebagai ladang mencari peruntungan atau bisnis memang bukanlah hal tabu. Pendahulunya, Facebook, bahkan sudah mencetak ribuan bahkan jutaan orang yang sukses karena berbisnis di Facebook. Nah, populernya Instagram sebagai akun bisnis, membuat istilah Instagram marketing juga semakin viral di pasaran. Bahkan istilah ini menjadi strategi baru dalam dunia digital marketing secara umum.

Yuk Kenal Lebih Jauh Tentang Instagram Marketing

Yuk Kenal Lebih Jauh Tentang Instagram Marketing

Buat kalian yang baru saja melangkahkan kaki di dalam dunia Instagram Marketing, anda belum sepenuhnya terlambat kok. Pasalnya algortima Instagram juga selalu berubah setiap tahunnya sehingga sangat memungkinkan bagi siapapun untuk memulai berbisnis disini kapanpun.

Tentang Instagram Marketing

Sesuai namanya, Instagram Marketing adalah sebuah strategi khusus yang berlaku bagi para Digital Marketer untuk mempromosikan usaha melalui fitur-fitur Instagram. Mereka memanfaatkan fitur berbagi foto dan video untuk menarik banyak calon pelanggan sekaligus juga media untuk berinteraksi menuntaskan pemesanan.

Sama halnya dengan Facebook atau jejaring sosial yang lainnya, Instagram tidak membebankan biaya atau pajak kepada penggunanya. Itulah sebabnya, media sosial ini ramai menjadi tempat dimana penjual dan pembeli saling bertemu secara virtual, melihat produk, berkonsultasi hingga menuntaskan pesanan.

Mengapa Instagram Cocok Untuk Berbagai Jenis Usaha?

Instagram memang menjadi jejaring sosial yang paling efektif karena fiturnya yang lengkap, mudah dan gratis. Bahkan, semua orang dengan berbagai jenis latar belakang usaha memiliki kesempatan yang besar dan sama untuk bisa berbisnis melalui Instagram. Mengapa demikian? Berikut alasan mengapa Instagram cocok untuk semua jenis usaha:

  • Instagram Merupakan Platform Media Sosial Yang Hits

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Instagram menjadi salah satu media sosial paling hits dan populer di dunia. Di Indonesia saja, hampir 70% warganya memiliki Instagram. Tentu, kepopuleran ini snagat berpotensi mendatangkan konsumen baru bagi anda.

  • Instagram itu Gratis

Sebagai media promosi paling efektif, Instagram bahkan membebaskan penggunanya untu menikmati setiap fiturnya tanpa biaya admin. Sehingga, bila anda memiliki bisnis yang skalanya masih kecil dan belum punya budget yang tinggi, maka memanfaatkan fitur Instagram bisa jadi ide yang sangat tepat.

  • Set Up Akun Instagram Sangat Mudah

Alasan selanjutnya adalah proses settingnya yang terbilang sangat mudah. Sehinga, anda bisa menjalankannya tanpa memerlukan keahlian khusus.

  • Instagram Terintegrasi Dengan Facebook

Jika tujuan anda berinstagram adalah untuk iklan, maka alangkah baiknya jika anda membagikan setiap postingan kea kun media sosial anda yang lainnya. Hal ini sangat efektif dimana anda bisa memposting dua akun sekaligus di waktu yang bersamaan.

Apa itu Algoritma Instagram?

Algoritma Instagram adalah sebuah rumus yang ada di dalam Instagram itu sendiri. Rumus ini bersifat khusus dan rahasia yang berisi sejumlah elemen penting sebuah akun akan mudah naik oleh Instagram maupun Google Search engine. Meski sifatnya rahasia, namun kita pun bisa mempelajari dan mengantisipasinya jika ingin hasil yang benar-benar maksimal.

Well, ada 3 elemen penting algoritma, berikut ulasannya:

  • Engagement : Ranking ini bisa anda dapatkan dengan meningkatkan interaksi dengan followers melalui chat, dm story, postingan berkualitas dan lain sebagainya.
  • Speed of Engagement: Jumlah ineteraksi berupa berapa banyak orang yang like dan komen menjadi hal penting dalam perkembangan sebuah akun Instagram bisnis.
  • Recency: Instagram akan jauh lebih menyukai postingan terbaru ketimbang yang lama.

Bagaimana Cara Meningkatkan Interaksi di Instagram?

Nah, untuk selanjutnya, anda perlu tau cara untuk meningkatkan interaksi di Instagram. Ada sejumlah tips dalam Instagram Marketing dan berikut adalah ulasannya:

  • Perhatikan Konten

Kiat pertama yang harus anda lakukan adalah dengan tetap memperhatikan kualitas konten. Anda perlu memastikan jika konten yang anda muat menarik dan original. Pasalnya, pengguna Instagram akan bertemu dengan ribuan jenis gambar pada timeline.

Maka, anda memiliki tantangan yang cukup besar dimana foto atau konten yang anda posting bisa membuat mereka berhenti scroll dan kemudian penasaran dengan postingan anda. Sekali mereka sudah berhenti di postingan anda, maka langkah selanjutnya adalah memastikan jika mereka penasaran dengan akun anda.

  • Tentukan Tujuan Akun Anda

Dengan anda menentukan tujuan yang jelas pada akun anda, maka anda akan mudah menemukan alasan yang tepat mengapa pengguna Instagram harus setia mengikuti akun anda. Hal ini pun akan senada dengan keinginan follower ketika memutuskan untuk mengikuti suatu akun sudah pasti jika mereka bisa menemukan manfaat dari akun tersebut.

Misalnya: untuk mencari meme-meme lucu, mencari informasi seputar dunia kuliner, mendaptkan tips tentang kerajinan tangan dan lain sebagainya.

  • Buat Caption Semenarik Mungkin

Selain kekuatan desain konten foto atau gambar, caption pun memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan engagement rate Instagram. Anda harus bisa membuat caption yang padat, singkat, informatif namun juga mengundang interaksi. Caption akan lebih kuat jika anda menuliskan kata-kata menggunakan teknik SEO.

  • Sertakan Hastag yang Tepat

Fyi, Hashtag sangat berpengaruh pada hasil pencarian dan mampu meningkatkan engagement rate Instagram. Keberadaan hashtag akan memudahkan pengguna menemukan akun kalian melalui penggunaan keyword yang sama atau serupa. Namun, anda harus tetap memastikan jika hashtag yang anda gunakan sesuai dengan topik yang sedang anda bahas dalam postingan.

  • Sertakan Lokasi

Pernahkah anda berpikir jika di waktu anda memposting suatu tempat maka orang lain juga pernah atau akan mengunjungi lokasi yang sama? Orang-orang ini nantinya akan berpotensi untuk menjadi followers aktif akun anda dan tertarik menggunakan produk anda. Maka, jangan pernah ragu untuk menyertakan informasi lokasi dalam setiap postingan.

  • Riset Waktu dan Hari dimana Follower Sering Aktif

Salah satu yang harus anda lakukan untuk sukses meningkatkan engagement rate Instagram adalah dengan melakukan riset. Pasalnya, setiap akun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga anda pun memerlukan treatment yang berbeda-beda. Informasi yang tepat terkait kapan mereka sering aktif bisa jadi sangat bermanfaat untuk meningkatkan interaksi di Instagram.

  • Analisa Secara Rutin

Anda juga memerlukan alat yang tepat untuk menganalisa perkembangan instagram anda secara berkala dan konsisten. Hal ini penting untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk bulan-bulan selanjutnya. Nah, anda pun bisa melakukan analisa sederhana menggunakan fitur Instagram Insigh. Namun, fitur ini hanya terbatas bagi akun-akun Instagram bisnis.

  • Miliki Pola atau Konsep Postingan

Setelah pengguna berhenti di postingan anda dan tertarik untuk melihat akun Instagram anda, maka tantangan selanjutnya adalah membuat mereka bertahan disana. Kuncinya, anda membutuhkan konsep yang matang dalam setiap postingan. Misalnya, anda membahas Tips menurunkan berat badan secara sehat di postingan pertama, maka anda bisa posting foto produk saja di postingan kedua lalu berlanjut dengan tips lain yang berkaitan dengan program diet di postingan ketiga.

  • Konsisten dalam Berkonten

Setelah memastikan anda memiliki konsep yang matang, anda wajib untuk melakukannya secara konsisten dan berkala. Konsistensi ini juga akan meningkatkan interaksi di Instagram secara alami.

  • Berikan give away

Kiat cerdas selanjutnya adalah dengan mengadakan program give away yang menarik banyak pelanggan untuk datang ke akun anda. Ingat, give away disini berfungsi untuk mempromosikan brand anda bukan untuk menarik pengguna untuk membeli produk anda. Bentuk giveaway sendiri bebas, artinya anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan.

  • Manfaatkan instastory

Salah satu fitur penting Instagram adalah fitur Instastory. Fyi, algoritma Instagram terbaru membuktikan jika semakin banyak sebuah akun memposting Instastory, maka semakin mudah atau tinggi pula engagement ratenya.

  • Jalin Kerjasama yang Baik

Karena fungsinya sebagai media sosial, maka manfaatkan dengan bersosialisasi lah yang baik dengan sesama pengguna. Disini, anda wajib untuk membangun interaksi yang baik kepada followers, influencer hingga kompetitor.

Jasa Instagram Marketing Terpercaya

Nah, untuk teknik pemasaran di Instagram, anda mungkin harus belajar lama dan banyak. Jelas, hal tersebut tidak efektif untuk bisnis yang sudah menunggu untuk sukses. Jalan satu-satunya adalah dengan mempercayakan akun Instagram bisnis anda kepada Jasa Instagram Marketing Terpercaya, Desainpromosi.co.id. Kami sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam mengelola Digital Marketing maupun penyedia konten digital. Jika anda tertarik dan ingin segera konsultasi, silahkan hubungi admin kami di:

Costumer service : 0856 9528 5999 , 0822  8847 4999, 0819 1106 8999 (WA)

Email                      : cs@yoisoweb.com, marketingyoisoweb@gmail.com

Website                 : www.desainpromosi.co.id

 

Visit Us On Instagram