Cara tepat menentukan layanan produk – Produk dan layanan adalah dua hal berbeda dalam dunia bisnis. Produk adalah barang berwujud seperti barang elektronik, peralatan memasak, dan alat tulis sedangkan layanan adalah barang tidak berwujud seperti konsultasi, perawatan kesehatan, dan layanan keuangan.
Business owner pasti tahu rasanya semangat membara untuk mengeksekusi ide bisnis dari keterampilan yang kita punya. Namun, tak jarang ide yang meluap-luap membuat kita akhirnya bingung menentukan arah bisnis kita atau produk apa yang ingin kita ‘jajahkan’ ke customer nantinya. Di artikel ini, akan dibahas tuntas bagaimana seorang wirausahawan menentukan layanan produk yang tepat. Simak sampai akhir, ya!

Bagaimana Cara Tepat Menentukan Layanan Produk? Business Owner Wajib Tahu!
Bagaimana Dampak Menentukan Layanan Produk yang Tepat?
Memilih produk yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, di antaranya:
- Meningkatkan Efisiensi dan Mengurangi Risiko: Dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, kita dapat meningkatkan efisiensi operasi bisnis, meminimalkan risiko kerugian, dan memaksimalkan keuntungan.
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan: Produk yang tepat dapat menyelesaikan masalah pelanggan dan memberikan nilai tambah, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal ini tentunya akan mendorong pertumbuhan bisnis kita dalam jangka panjang.
- Memperkuat Posisi Bisnis: Produk yang unik dan inovatif dapat membantu membangun brand awareness, meningkatkan daya saing, dan memperkuat posisi bisnis kita di pasar.
Bagaimana Strategi Menentukan Layanan Produk yang Tepat?
- Tentukan, Identifikasi, dan Kenali Siapa Target Pasar Kita
Identifikasi target pasar kita, atau bahasa mudahnya, siapa yang akan membutuhkan dan membeli layanan atau produk kita. Buatlah persona yang mendetail, bukan sekadar “wanita dewasa” atau “pria dewasa”, namun deskripsikan dengan lengkap berapa usianya, tinggal di mana, berapa penghasilannya, apa minat dan kesukaannya, apa keresahannya, dan seterusnya. Misalnya: “wanita karir berusia 25-35 tahun dengan penghasilan 2.500.000-3.000.000, berdomisili di Kota Malang, yang suka memasak namun memiliki keterbatasan waktu karena kesibukannya sehingga membutuhkan alat masak yang bisa mempercepat proses memasak. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing yang bisa menyasar target tersebut.
- Evaluasi Kebutuhan Pelanggan
Setelah mengetahui target pasar kita, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kebutuhan mereka. Lakukan riset pasar untuk memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Temukan celah pasar yang belum terpenuhi dan ciptakan produk yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.
- Identifikasi Lokasi Calon Konsumen Kita Berada
Tentukan di mana target pasar kita berada. Apakah mereka online (media sosial) atau offline (event komunitas)? Dengan mengetahui lokasi mereka, kita dapat memfokuskan strategi marketing kita pada platform yang tepat.
- Pertimbangkan Potensi Keuntungan
Pertimbangkan juga potensi profit yang bisa kita peroleh. Apakah ada kebutuhan yang cukup besar? Dalam jangka waktu berapa lama keutuhan itu akan ada? Hal ini dilakukan untuk memastikan lagi bahwa bisnis yang akan dijalankan memang berpeluang besar menguntungkan kita.
- Pelajari Kompetitor
Di tahap ini kita mungkin sudah mulai memiliki gambaran tentang produk apa yang akan kita jual dan siapa yang sekiranya akan membelinya. Namun, mungkin produk kita bukan satu-satunya yang ada di pasaran. Produk serupa mungkin sudah lebih dulu diperjual belikan oleh kompetitor kita. Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui dan mempelajari kompetitor kita sebagai ‘benchmark’ untuk mengetahui fitur yang belum mereka tawarkan dan menjadi peluang untuk kita menyajikannya. Dari kompetitor pula kita bisa belajar strategi marketing yang bisa diimplementasikan pada bisnis kita.
- Pahami Bisnis Luar Dalam
Akhirnya, ketika kita sudah sampai pada keputusan tentang arah dan bidang bisnis kita, tugas selanjutnya adalah memahami bisnis kita luar dan dalam: apa keunikan dan keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk lain? Cara apa yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen kita? Imej seperti apa yang ingin kita bangun? Pahami aspek-aspek fundamental tersebut sehingga bisnis kita lebih terarah dan terfokus.
Jasa Kelola Akun Sosial Media dari Desain Promosi
6 langkah awal di atas akan memudahkan kita menentukan strategi marketing yang tepat. Di era digital ini, strategi digital marketing lebih efisien untuk menjangkau target pasar kita. Hal ini tentu menjadi PR bagi owner bisnis. Desain Promosi menyajikan layanan all-in dari riset, pembuatan konten, admin CS, Ads, sampai analisa performa media sosial tiap bulannya sehingga pelaku bisnis hanya fokus pada operasional bisnis saja.
Bagaimana Menghubungi Admin Kami?
Ingin segera konsultasi dan tanya-tanya mengenai layanan kelola akun sosial media dari Desain Promosi, yuk hubungi tim kami disini!
- CS 1 : 0822-8847-4999
- CS 2 : 0856-9528-5999
- CS 3 : 0819-1106-8999
- Instagram: @desain_promosi
- Website: www.desainpromosi.co.id
0 Komentar