Apa Bedanya Marketing dan Sales? Yuk Pelajari!- Tahukah kamu, ternyata marketing dan sales itu beda loh! Yup! Kamu pasi familiar tuh dengan kata sales ataupun marketing. Banyak juga dari kita yang masih menganggap bahwa keduanya adalanya istilah yang sama. Tapi faktanya, keduanya adalah dua istilah yang berbeda. Nah, apa sih perbedaanya? Yuk kita bahas disini!
Apa Bedanya Marketing dan Sales? Yuk Pelajari!
- Fungsi Bisnis
Perbedaan sales dan marketing yang pertama terletak pada sisi fungsi bisnis. Sales memiliki fungsi dan tujuan bisnis melakukan proses penjualan secara langsung kepada konsumen. Sementara marketing akan lebih fokus pada bagaimana meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ada pada perusahaan atau bisnis kita. Sederhananya, sales akan langsung berinteraksi atau berhubungan dengan pembeli, sementara marketing akan fokus menyusun strategi dari balik layar.
- Proses Kerja
Kemudian, perbedaan keduanya juga terlihat pada proses kerjanya. Marketing akan fokus pada bagaimana menyediakan informasi yang jelas dan lengkap terhadap produk yang akan ditawarkan oleh sales. Informasi tersebut mencakup detail produk, harga, keunggulan, hingga membuat target yang harus dicapai oleh sales. Poinnya adalah marketing harus mampu menciptakan kesadaran pada public bahwa produk atau jasa yang mereka tawarkan adalah yang paling mereka butuhkan.
Sementara itu, sales akan banyak fokus pada menjawab pertanyaan konsumen, menawarkan produk atau jasa secara langsung serta memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan oleh tim sales.
- Peralatan yang Dibutuhkan
Tidak hanya dari segi fungsi dan proses kerja, peralatan yang dibutuhkan pun juga berbeda. Marketing akan banyak menggunakan media social dan website untuk proses branding dan penyampaian informasi produk. Sementara sales akan menggunakan sejumlah platform media social untuk proses negosiasi dan penawaran produk hingga berkomunikasi dengan konsumen.
- Strategi Kerja
Perbedaan yang keempat terletak pada strategi kerjanya. Singkatnya, marketing akan lebih banyak fokus menganalisa kebutuhan sales, kebutuhan pasar, hingga menyusun strategi yang tepat untuk menarik masa. Sementara sales akan fokus pada pertemuan pada konsumen, melakan negosiasi serta penawaran hingga akhirnya penjualan produk bisa tercapai.
- Jangka Waktu
Jika terkait jangka waktu, sales memiliki jangka waktu yang lebih singkat karena akan berhubungan langsung dengan komunikasi dengan konsumen. Sementara marketing membutuhkan waktu yang cukup lama karena perlu riset, menyusun strategi pemasaran hingga membangun kesadaran public melalui salah satunya konten di social media.
Jasa Pelatihan Digital Marketing Professional: Desain Promosi
Selain fokus pada layanan pembuatan konten dan pengelolaan akun media social, Desain Promosi juga fokus memberikan eduakasi terhadap dunia digital marketing. Melalui pelatihan Digital Marketing secara insentive dan berkelanjutan, layanan ini akan sangat pas untuk kemu pebisnis online, UMKM maupun personal yang ingin mulai branding social media. Jasa Pelatihan Digital Marketing by Desain Promosi memberikan sederet kurikukum dan pelatihan di bidang strategi pembuatan konten digital, cara menyusun brief konten, Teknik copywriting, riset kata kunci hingga proses produksi foto maupun video.
Kami menjamin, bahwa program pelatihan dan pendampingan digital marketing ini akan mencakup materi dasar hingga expert yang tentunya bisa langsung dipraktekkan bahkan dengan modal dan property yang sangat sederhana. Tidak cukup sampai disitu, Tim Desain promosi juga akan melalukan pendampingan atau monitorign secara berkala untuk berdiskusi, menjawab pertanyaan hingga memantau jalannya proses marketing dan branding.
Bagaimana Menghubungi tim Desain Promosi?
Untuk dapatkan tim digital marketing professional untuk bisnis onlinemu, yuk segera konsultasikan kebutuhanmu bersama admin kami disini!
- CS 1 : 0822-8847-4999
- CS 2 : 0856-9528-5999
- CS 3 : 0819-1106-8999
- Instagram: @desain_promosi
- Website: www.desainpromosi.co.id
0 Komentar