Bagaimana Membangun Tim Digital Marketing – menjadi pertanyaan populer yang saat ini kerap kali membayang-bayangi para pegiat bisnis. Yup! Berbisnis di era digital seperti saat ini tentu menjadi lebih menegangkan ketika banyak pihak yang berlomba-lomba manfaatkan peluang digital marketing. Sebelumnya, perlu kita bedah terlebih dahulu terkait apa itu digital marketing. Sesuai namanya, konsep ini adalah strategi baru dalam dunia bisnis dan pemasaran dimana segala proses nya menggunakan teknologi digital.

Era komputerisasi, media sosial dan berbagai media online menjadi tools yang berperan penting dalam Digital Marketing. Namun masalahnya, tidak banyak perusahaan atau bahkan pebisnis yang siap 100% dengan strategi ini. Sebelum terjun lebih jauh dalam penerapan strategi digital marketing. Pertanyaan mendasar yang jauh lebih penting untuk pertama kali adalah bagaimana membangun tim digital marketing untuk perusahaan. Yuk kita bahas pada kesempatan kali ini!

3 Tim Digital Marketing yang Harus ada Ada Pada Perusahaan

Bagaimana Membangun Tim Digital Marketing

Bagaimana Membangun Tim Digital Marketing

Dalam membangun tim digital marketing untuk perusahaan atau bisnis Anda, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan tim nya terlebih dahulu. Sejatinya strategi Digital Marketing bisa berjalan melalui peran 3 tim inti. Ketiganya adalah:

  1. Tim Riset dan Analisis Data

Tim ini bertugas untuk melakukan riset terkait kebutuhan pasar. Tentu, mereka harus memiliki kemampuan dan analisa yang baik sekaligus juga pengetahuan tentang produk secara maksimal. Tugas inti dari tim ini adalah untuk meriset konten-konten yang sekiranya berpotensi tinggi untuk mempromosikan produk dan perusahaan. Tim ini juga bertugas untuk mengevaluasi setiap konten yang hendak dan sudah terposting apakah sesuai dengan kebutuhan pasar atau masih membutuhkan perbaikan.

  1. Tim Content Creator

Setelah tim riset melakukan analisa kebutuhan konten dan pasar, proses eksekusi berada pada tim Content Creator. Tentunya, semua pihak yang ada dalam tim ini haruslah mereka yang mampu berpikir kreatif, inovatif dan familiar dengan perkembangan terkini dunia konten digital. Didalam tim conten creator, biasanya akan dipecah kembali menjadi dua tim bahkan 3 tim, yakni tim content writer dan planner, designer serta videographer dan photographer. Namun kembali lagi, Anda bisa menyesuaikan tim sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Tim Pemasaran Online

Setelah riset dan konten siap, langkah selanjutnya adalah peran Tim Pemasaran Online. Tim ini bertugas untuk mengeksekusi plan dan mendistribusikan konten kepada audience. Pekerjaan utamanya tentu akan berkutat pada proses posting, interaksi dengan konsumen, menjawab berbagai pertanyaan, mengajukan penawaran hingga mengeksekusi iklan. Untuk eksekusi iklan, tentunya pihak pemasaran online akan menjalankannya sesuai dengan arahan tim riset.

Bagaimana Membangun Tim Digital Marketing?

Setelah ketiga tim inti digital marketing terbentu, berikut adalah step by step untuk membangun timnya. Bagaimana caranya? Simak step by step nya ya:

  1. Step 1# Identifikasi Kebutuhan Perusahaan Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan Anda. Tentunya, masing-masing perusahaan memiliki fokus dan tujuan yang beragam, sehingga strategi yang berperan pun juga akan berbeda. Mengidentifikasi kebutuhan misalnya dengan membuat list, produk apa yang perusahaan Anda tawarakan, siapa target pasarnya serta platform digital marketing apa yang perusahaan Anda butuhkan.

  1. Step 2# Identifikasi di Platform Mana Anda Akan Bekerja

Platform Digital Marketing tentu sangatlah luas. Disini, Anda perlu untuk mengidentifikasi platform mana yang akan ada pilih. Tentu, pilihan platform juga akan mempengaruhi strategi pemasaran online sekaligus juga konten yang Anda butuhkan.

  1. Step 3# Siapkan KPI per Tim

Kemudian, Anda juga bisa menyusun key performance indikator agar masing-masing divisi dalam tim digital marketing bisa bekerja maksimal sesuai fungsi dan target perusahaan. Menyusun KPI tentunya tidak bisa disamaratakan antara satu dan lain perusahaan. Namun secara garis besarnya, kita bisa menarik tugas dan target umum dari masing-masing divisi.

  1. Step 4# Aksi, Optimasi dan Evaluasi

Sekalinya tim digital marketing Anda telah tuntas membuat konsep, maka aksi, optimasi dan evaluasi  adalah langkah penting selanjutnya. Tidak perlu menunggu lama, namun segera aksi adalah hal penting yang harus Anda lakukan.

Jasa Pelatihan Digital Marketing untuk Perusahaan Terbaik: Desain Promosi

Langkah penting yang bisa Anda ambil guna meningkatkan skill tim digital marketing, adalah dengan mengikuti pelatihan Digital Marketing untuk Perusahaan. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Desain Promosi adalah tempat yang paling tepat untuk mendapatkan pelatihan yang maksimal.

Tidak perlu khawatir, karena kami adalah perusahaan legal di bawah naungan PT Rahma Riyadi Techno yang sudah terdaftar sebbagai perusahaan yang legal di mata hukum. Di samping itu, kami bukanlah agen freelancer, melainkan memiliki tim yang sudah berpengalaman di bidang Digital Marketing selama lebih dari 5 tahun.

Desain Promosi siap melakukan pendampingan tim digital marketing melalui layanan inhouse training atau tim kami yang datang ke lokasi Anda. Tidak perlu repot lagi, karena kami juga sudah siap dengan brief plan utuk konten Anda. Kami siap membedah semua permasalahan dalam dunia Digital Marketing secara lebih eksklusif dan mendalam.

Bagaimana Menghubungi Admin Desain Promosi?

Tim Pelatihan Digital Marketing Desain Promosi juga siap dengan layanan pendampingan Tim secara eksklusif selama kurang lebih 2 bulan. Tentu, momen ini sangatlah pas dan efektif untuk meningkatkan kinerja tim Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Desain Promosi, silahkan konsultasikan kebutuhan Anda melalui:

  • Customer Service: CS 1: 0856-9528-5999, CS 2: 0822-8847-4999, CS 3:0819-1106-8999
  • Website: www.desainpromosi.co.id
  • Email: marketing@yoisoweb.com
  • Instagram: @desainpromosi

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.