
Desain Promosi – Instagram adalah sebuah aplikasi tempat berbagi foto dan video dimana penggunanya bisa secara bebas memposting, menambahkan filter, mengambil foto dan video, membagikannya hingga berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya. Media sosial ini muncul di tahun 2010 oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom. 10 tahun populer di jagad dunia maya, Instagram kini menjadi salah satu jejaring sosial paling sukses. Sudah jutaan orang di dunia yang mengaktifkan akun Instagram dan menggunakannya sebagai akun personal, hiburan atau bahkan bisnis.
Yep! Memanfaatkan Instagram sebagai ladang mencari peruntungan atau bisnis memang bukanlah hal tabu. Pendahulunya, Facebook, bahkan sudah mencetak ribuan bahkan jutaan orang yang sukses karena berbisnis di Facebook. Nah, populernya Instagram sebagai akun bisnis, membuat istilah Instagram marketing juga semakin viral di pasaran. Bahkan istilah ini menjadi strategi baru dalam dunia digital marketing secara umum.
Dalam mengelola sebuah akun media sosial bisnis seperti instagram anda perlu menggunakan Jasa Social Media Management atau Jasa Admin Instagram yang bukan hanya sekedar membalas chat namun juga melakukan optimasi pada akun media sosial anda. Sangat penting sekali jika anda pengguna instagram menggunakannya untuk berbisnis namun anda juga perlu memperhatikan kualitas dari optimasi akun instagram anda agar interaksi pada akun instagram anda dapat berkembang.
Buat kalian yang baru saja melangkahkan kaki di dalam dunia Instagram Marketing, anda belum sepenuhnya terlambat kok. Pasalnya algoritma Instagram juga selalu berubah setiap tahunnya sehingga sangat memungkinkan bagi siapapun untuk memulai berbisnis disini kapanpun.
Klien kami & Testimoni
Klien yang telah bekerja sama dengan kami

Mengenal Instagram Marketing
Sesuai namanya, Instagram Marketing adalah sebuah strategi khusus yang berlaku bagi para Digital Marketer untuk mempromosikan usaha melalui fitur-fitur Instagram. Mereka memanfaatkan fitur berbagi foto dan video untuk menarik banyak calon pelanggan sekaligus juga media untuk berinteraksi menuntaskan pemesanan.
Sama halnya dengan Facebook atau jejaring sosial yang lainnya, Instagram tidak membebankan biaya atau pajak kepada penggunanya. Itulah sebabnya, media sosial ini ramai menjadi tempat dimana penjual dan pembeli saling bertemu secara virtual, melihat produk, berkonsultasi hingga menuntaskan pesanan.
Mengapa Instagram Cocok Untuk Berbagai Jenis Usaha?
Instagram memang menjadi jejaring sosial yang paling efektif karena fiturnya yang lengkap, mudah dan gratis. Bahkan, semua orang dengan berbagai jenis latar belakang usaha memiliki kesempatan yang besar dan sama untuk bisa berbisnis melalui Instagram. Mengapa demikian? Berikut alasan mengapa Instagram cocok untuk semua jenis usaha:
1. Instagram Merupakan Platform Media Sosial Yang Hits
Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Instagram menjadi salah satu media sosial paling hits dan populer di dunia. Di Indonesia saja, hampir 70% warganya memiliki Instagram. Tentu, kepopuleran ini sangat berpotensi mendatangkan konsumen baru bagi anda.
2. Instagram itu Gratis
Sebagai media promosi paling efektif, Instagram bahkan membebaskan penggunanya untuk menikmati setiap fiturnya tanpa biaya admin. Sehingga, bila anda memiliki bisnis yang skalanya masih kecil dan belum punya budget yang tinggi, maka memanfaatkan fitur Instagram bisa jadi ide yang sangat tepat.
3. Set Up Akun Instagram Sangat Mudah
Alasan selanjutnya adalah proses settingnya yang terbilang sangat mudah. Sehingga, anda bisa menjalankannya tanpa memerlukan keahlian khusus.
4. Instagram Terintegrasi Dengan Facebook
Jika tujuan anda ber instagram adalah untuk iklan, maka alangkah baiknya jika anda membagikan setiap postingan ke akun media sosial anda yang lainnya. Hal ini sangat efektif dimana anda bisa memposting dua akun sekaligus di waktu yang bersamaan.
Apa itu Algoritma Instagram?
Algoritma Instagram adalah sebuah rumus yang ada di dalam Instagram itu sendiri. Rumus ini bersifat khusus dan rahasia yang berisi sejumlah elemen penting sebuah akun akan mudah naik oleh Instagram maupun Google Search engine. Meski sifatnya rahasia, namun kita pun bisa mempelajari dan mengantisipasinya jika ingin hasil yang benar-benar maksimal.
Well, ada 3 elemen penting algoritma, berikut ulasannya:
- Engagement : Ranking ini bisa anda dapatkan dengan meningkatkan interaksi dengan followers melalui chat, dm story, postingan berkualitas dan lain sebagainya.
- Speed of Engagement: Jumlah interaksi berupa berapa banyak orang yang like dan komen menjadi hal penting dalam perkembangan sebuah akun Instagram bisnis.
- Recency: Instagram akan jauh lebih menyukai postingan terbaru ketimbang yang lama.
Bagaimana Cara Meningkatkan Interaksi di Instagram?
Nah, untuk selanjutnya, anda perlu tahu cara untuk meningkatkan interaksi di Instagram. Ada sejumlah tips dalam Instagram Marketing dan berikut adalah ulasannya:
1. Perhatikan Konten
Kiat pertama yang harus anda lakukan adalah dengan tetap memperhatikan kualitas konten. Anda perlu memastikan jika konten yang anda muat menarik dan original. Pasalnya, pengguna Instagram akan bertemu dengan ribuan jenis gambar pada timeline.
Maka, anda memiliki tantangan yang cukup besar dimana foto atau konten yang anda posting bisa membuat mereka berhenti scroll dan kemudian penasaran dengan postingan anda. Sekali mereka sudah berhenti di postingan anda, maka langkah selanjutnya adalah memastikan jika mereka penasaran dengan akun anda.
2. Tentukan Tujuan Akun Anda
Dengan anda menentukan tujuan yang jelas pada akun anda, maka anda akan mudah menemukan alasan yang tepat mengapa pengguna Instagram harus setia mengikuti akun anda. Hal ini pun akan senada dengan keinginan follower ketika memutuskan untuk mengikuti suatu akun sudah pasti jika mereka bisa menemukan manfaat dari akun tersebut.
Misalnya: untuk mencari meme-meme lucu, mencari informasi seputar dunia kuliner, mendapatkan tips tentang kerajinan tangan dan lain sebagainya.
4. Buat Caption Semenarik Mungkin
Selain kekuatan desain konten foto atau gambar, caption pun memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan engagement rate Instagram. Anda harus bisa membuat caption yang padat, singkat, informatif namun juga mengundang interaksi. Caption akan lebih kuat jika anda menuliskan kata-kata menggunakan teknik SEO.
5. Sertakan Hastag yang Tepat
Fyi, Hashtag sangat berpengaruh pada hasil pencarian dan mampu meningkatkan engagement rate Instagram. Keberadaan hashtag akan memudahkan pengguna menemukan akun kalian melalui penggunaan keyword yang sama atau serupa. Namun, anda harus tetap memastikan jika hashtag yang anda gunakan sesuai dengan topik yang sedang anda bahas dalam postingan.
6. Sertakan Lokasi
Pernahkah anda berpikir jika di waktu anda memposting suatu tempat maka orang lain juga pernah atau akan mengunjungi lokasi yang sama? Orang-orang ini nantinya akan berpotensi untuk menjadi followers aktif akun anda dan tertarik menggunakan produk anda. Maka, jangan pernah ragu untuk menyertakan informasi lokasi dalam setiap postingan.
7. Riset Waktu dan Hari dimana Follower Sering Aktif
Salah satu yang harus anda lakukan untuk sukses meningkatkan engagement rate Instagram adalah dengan melakukan riset. Pasalnya, setiap akun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga anda pun memerlukan treatment yang berbeda-beda. Informasi yang tepat terkait kapan mereka sering aktif bisa jadi sangat bermanfaat untuk meningkatkan interaksi di Instagram.
8. Analisa Secara Rutin
Anda juga memerlukan alat yang tepat untuk menganalisa perkembangan instagram anda secara berkala dan konsisten. Hal ini penting untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk bulan-bulan selanjutnya. Nah, anda pun bisa melakukan analisa sederhana menggunakan fitur Instagram Insight. Namun, fitur ini hanya terbatas bagi akun-akun Instagram bisnis.
9. Memiliki Pola atau Konsep Postingan
Setelah pengguna berhenti di postingan anda dan tertarik untuk melihat akun Instagram anda, maka tantangan selanjutnya adalah membuat mereka bertahan disana. Kuncinya, anda membutuhkan konsep yang matang dalam setiap postingan. Misalnya, anda membahas Tips menurunkan berat badan secara sehat di postingan pertama, maka anda bisa posting foto produk saja di postingan kedua lalu berlanjut dengan tips lain yang berkaitan dengan program diet di postingan ketiga.
10. Konsisten dalam Berkonten
Setelah memastikan anda memiliki konsep yang matang, anda wajib untuk melakukannya secara konsisten dan berkala. Konsistensi ini juga akan meningkatkan interaksi di Instagram secara alami.
11. Berikan giveaway
Kiat cerdas selanjutnya adalah dengan mengadakan program giveaway yang menarik banyak pelanggan untuk datang ke akun anda. Ingat, giveaway disini berfungsi untuk mempromosikan brand anda bukan untuk menarik pengguna untuk membeli produk anda. Bentuk giveaway sendiri bebas, artinya anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan.
12. Manfaatkan instastory
Salah satu fitur penting Instagram adalah fitur Instastory. Fyi, algoritma Instagram terbaru membuktikan jika semakin banyak sebuah akun memposting Instastory, maka semakin mudah atau tinggi pula engagement ratenya.
13. Jalin Kerjasama yang Baik
Karena fungsinya sebagai media sosial, maka manfaatkan dengan bersosialisasi lah yang baik dengan sesama pengguna. Disini, anda wajib untuk membangun interaksi yang baik kepada followers, influencer hingga kompetitor.

Masih ragu kenapa desain feed penting?
Segera Lakukan Keputusan Untuk Feed Pertamamu Karena…
80% Audience Rela Follow Anda Jika Ada Konten Yang Menarik
63% Akan Unfollow Jika Postingan Anda Itu Itu Saja
72% Berbelanja Melihat Akun IG Professional
Setelah mengetahui fakta tersebut, tentu kunci sebuah kesuksesan akun Instagram bisnis ada pada konten yang menarik bukan?
Karena konten social media dengan gambar yang relevan & menarik mendapat 94% lebih views daripada konten dengan desain asal-asalan.
Sudah tau faktanya, yakin media sosialmu sudah maksimal?

Sebagai sebuah konsen ketika anda melakukan optimasi menggunakan Jasa Admin Instagram atau instagram marketing adalah bertambahkan engagement dari profil instagram anda. serta sebesar apa pengaruh yang dirasakan pebisnis atas perkembangan bisnisnya melalui media sosial. Untuk layanan bebas konsultasi, anda dapat menghubungi kontak kami melalui whatsapp berikut. Dan sampai jumpa di artikel pembahasan kami selanjutnya.
Yuk, Segera Optimasi Akun Tiktokmu bersama Desain Promosi
0 Komentar