Kecanduan Sosial Media? Pahami Dampaknya

Kecanduan Sosial Media? Pahami Dampaknya – Penggunaan sosial media di masyarakat saat ini menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan. Terutama saat ini sejak pandemi Covid 19 baik anak anak sampai orang dewasa tidak lepas dari yang namanya sosial media. Sosial media menjadi sarana penghibur dan bertukar kabar paling utama saat ini.

Kecanduan Sosial Media? Pahami Dampaknya

Kecanduan Sosial Media? Pahami Dampaknya

Sosial media dari segi perkembangan dan penggunaanya memang tergolong masih baru. Saat ini ada berbagai banyak studi yang menganalisa mengenai dampak dari sosial media baik itu yang positif maupun negatif. Terlebih saat ini pengguna sosial media yang sangatlah banyak.

Platform media sosial ini dirancang untuk menarik perhatian, yang berdampak pada anda yang akan berulang kali untuk memeriksa layar hp anda ketika ada notifikasi. Sosial media saat ini hampri sama seperti narkoba karena membuat kecanduan. Saat menerima respon positif dari para audience hal itu memicu dopamin atau zat pada otak untuk merasakan sensasj kesenangan.

Lalu, Apa Dampak Negatifnya?

Penggunaan sosial media yang berlarut – larut ternyata sangat berbahaya terutama pada keeshatan mental. Berikut beberapa dampak negatif dari media sosial yang perlu andacegah dan sadari.

  • Selalu Merasa Kurang

Dengan adanya media sosial anda akan sering melihat orang lain berbagi kehidupannaya karena adanya postingan tersebut banyak orang yang merasa kurang dalam kehidupannya karena terlalu membandingkan kehidupannya dengan orang lain.

  • Fear of Missing Out (FOMO)

Sebuah fenomena dimana merasa takut akan ketinggalan sesuatu yang sedang trending. Hal ini membuat anda untuk memeriksa gadget setiap beberapa menit sekali hanya untuk memeriksa notifikasi atau untuk menanggapi konten yang ada di media sosia mu.

  • Memicu Kecemasan

Dampak negatif selanjutnya adalah dapat memicu kecemasan. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menggunakan lebih dari 6 platform cenderung 3x berkemungkinan untuk memiliki gejala kecemasan

  • Rasa Depresi

Munculnya perasaan depresi juga dapat disebabkan oleh media sosial. Beberapa penelitian menemukan hubungan mengenai depresi dengan sosial media, dengan melibatkan 700 siswa. Diketahui bahwa suasana hati mereka yang rendah dan putus asa berkaitan dengan kualitas interaksi online mereka di sosial media.

  • Kualitas Tidur

Tidak dapat di pungkiri bahwa kebanyakan orang yang menghabiskan waktunya di sosial media terutama malam hari membuat kualitas tidur mereka menjadi buruk. Selain itu ternyata cahaya yang keluar dari smartphone dapat menghambar produksi hormon melatolin yang memfasilitasi tidur.

  • Kecanduan

Media sosial juga sangat memberikan kecanduan. Kecanduan ini biasanya di karenakan sebuah konten kita yang di respon oleh banyak orang. Hal itu membuat mereka menginginkan attension yang sama atau lebih. Media sosial saat ini bahkan dapat di ibaratkan seperti narkoba.

  • Hubungan Nyata

Media sosial juga sangat mempengaruhi hubungan adna di kehidupan nyata. Hal ini dapat anda lihat ketika berkumpul bersama teman teman, dapat di amati bahwa mereka lebih sibuk dengan ponselnya dan akan lebih acuh dengan yang ada di dunia nyata.

Jasa layanan Mengelola Sosial Media : Desain Promosi

Desain promosi adalah sebuah perushaan di bawah naungan PT. Rahma Riyadi Techno yang bergerak dibidang bisnis digital marketing, dengan mengutamakan pelanggan sebagai prioritas utama kami akan membuat usaha anda menjadi lebih berkembang dan maju.

Bagaimana cara menghubungi kami?

Nah, jika anda tertarik menggunakan layanan Jasa dari kami, silahkan chat dan kirimkan pertanyaan melalui:

You May Also Like…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *