Membuat tagline merupakan salah satu proses penting untuk meningkatkan branding dalam bisnis. Sekilas mungkin tagline hanya nampak kalimat singkat tanpa arti penting. Faktanya, tagline memiliki fungsi penting dimana keberadaannya akan mendongkrak popularitas bisnis maupun juga proses promosi.

Pebisnis Wajib Tahu! Begini Tips Membuat Tagline Yang Menarik Pelanggan

Pebisnis Wajib Tahu! Begini Tips Membuat Tagline Yang Menarik Pelanggan

Namun, anda membutuhkan skill khusus untuk membuat selarik kalimat tagline yang menarik dan sudah pastinya menjual. Anda tentu tidak bisa secara acak mengambil kata-kata dan memasukkannya menjadi kalimat tagline. Nah, pada kesempatan kali ini, desainpromosi.co.id akan membahas tips penting cara membuat tagline yang menarik. Jika kalian seorang digital marketer atau seorang pebisnis online, wajib banget nih perhatikan ulasan di bawah ini!

Apa itu Tagline?

Well, sebelum beranjak ke cara membuat tagline yang menarik, anda perlu tau dulu nih pengertian dari tagline. Nah, tagline pada dasarnya adalah sebuah kalimat singkat yang bisa menjelaskan sebuah produk yang kita tawarkan. Tentunya, kalimat tagline haruslah mudah diingat dan merepresentasikan produk secara tepat. Biasanya, kalimat ini muncul di bawah logo dan bermanfaat pula sebagai identitas brand anda dengan kompetitor.

Tagline vs Slogan, Apa Bedanya?

That’s a good question! Kita pasti sering ya menganggap bahwa tagline dan slogan adalah dua kata yang sama. Namun, keduanya ternyata berbeda. Tagline adalah sebuah kalimat yang berfungsi untuk merepresentasikan perusahaan atau brand secara keseluruhan. Sementara slogan lebih fokus pada campaign sebuah produk. Misalnya nih, Brand kosmetik Wardah menggunakan tagline “feel the beauty”, sementara khusus untuk produk lipstick, mereka menggunakan slogan “feel the color comfort”. Jadi, udah bisa menemukan garis besarnya?

Apa Manfaat Tagline?

Pasti banyak yang bertanya-tanya nih, kenapa sebuah brand harus memiliki tagline. Sejatinya, kalimat singkat tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk mendongkrak branding bisnis. Di bawah ini, kami sudah jabarkan 3 manfaat penting sebuah tagline untuk perusahaan, apa saja?

  • Memperkuat Identitas Bisnis

Manfaat paling mendasar sudah tentu adalah untuk memperkuat identitas bisnis yang anda miliki. Sebuah tagline yang menarik dan tepat sasaran akan membuat pelanggan mudah mengingat brand anda dan tertarik untuk kembali menggunakan produk anda lagi di lain kesempatan.

  • Pembeda dengan Kompetitor

Di zaman seperti saat ini, akan sangat sulit untuk menentukan bisnis yang 100% berbeda dengan yang lain. Dengan kata lain, anda pasti akan memiliki kompetitor entah berskala besar atau kecil. Jangan berkecil hati, karena disinilah fungsi tagline yang sesungguhnya. Tagline yang kuat akan membuat anda berbeda dengan yang lain. Namun, tetap harus didukung dengan performa atau kualitas produk dan layanan anda.

  • Representasi Visi dan Misi Brand Anda

Fungsi tagline selanjutnya adalah segai wujud representasi visi dan misi brand anda. Tanpa perlu menjelaskan dengan kata-kata yang panjang, tagline yang menarik akan langsung menjawab pertanyaan publik terkait perusahaan seperti apa yang anda bangun.

Misalnya, dengan tagline Feel the Beauty yang dimiliki oleh Wardah akan cukup mewakili perusahaan Wardah jika mereka ingin membuat konsumennya merasakan kecantikan yang sesungguhnya dengan menggunakan produk-produk dari mereka.

Bagimana Cara Membuat Tagline yang Menarik dan Menjual?

Great! Semuanya udah pada tau nih pengertian dan dan manfaat dari tagline. Sekarang, yuk mulai praktek dengan membuat tagline yang menarik dan menjual. Eitz, catet nih 5 tips penting untuk membuat tagline!

  1. Sesuaikan dengan produk dan layanan
  2. Highlight keunggulan dan tujuan bisnis
  3. Kenali siapa konsumen anda
  4. Gunakan kata yang bersifat mengajak atau memperngaruhi
  5. Gunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Jasa Digital Marketing Profesional, Murah dan Terpercaya

Jika saat ini anda sedang mengelola sebuah bisnis dan sedang dalam proses branding, perlu banget nih mempersiapkan tagline yang menarik. Namun tidak hanya tagline, ada komponen penting lain seperti konten promosi, strategi marketing, konsep dan lain sebagainya. Yakin ada waktu untuk mempersiapkan itu semua?

Tenang, anda bisa kok fokus ke pengembangan kualitas dan layanan produk saja. Sementara urusan digital marketing, biar #desainpromosi saja yang bantu mengelola. Fyi, desainpromosi adalah perusahaan berbasis layanan yang professional, amanah dan terpercaya. Kami sudah beroengalaman lebih dari 5 tahun dalam mengelola digital marketing, menyediakan konten digital dan lain sebagainya. Untuk urusan membuat tagline, tim kami pun udah terbukti jagoannya.

Nah, jika kalian penasaran dan membutuhkan jasa kami, boleh banget kok langsung hubungi tim admin kami dan konsultasikan kebutuhan anda ya. Yuk segera, kami tunggu!

Costumer service : 0856 9528 5999 , 0822  8847 4999, 0819 1106 8999 (WA)

Email                      : cs@yoisoweb.com, marketingyoisoweb@gmail.com

Website                 : www.desainpromosi.co.id

 

 

 

 

 

Need help? Let's chat with us!

Silakan Konsultasikan kebutuhan desain anda pada kami

Marketing 1

Rusi

Online

Marketing 2

Zulin

Online

Rusi

halo, ada yang bisa kami bantu? 00.00

Zulin

halo, ada yang bisa kami bantu? 00.00