5 Cara Optimasi SEO pada Instagram – Eh tahu nggak sih kalau optimsi SEO ternyata nggak Cuma bisa kita lakukan di website saja tapi juga bisa pada platform media sosial seperti Instagram? Yup! Search Engine Optimization (SEO) yang biasa kita terapkan untuk penulisan konten agar bisa muncul dalam kolom teratas pencarian Google kini juga bisa kita terapkan pada akun Instagram. Tentunya, tujuan dari penerapan optimasi SEO pada Instagram ini adalah untuk membantu meningkatnya engagement hingga followers Instagram hingga Brand awareness yang berpotensi pada meningkatnya penjualan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan kupas tuntas 5 cara untuk optimasi SEO pada Instagram yang tentunya akan bermanfaat banget untuk meningkatkan engagement akun Instagram bisnis kamu. Penasaran dan pengen segera praktekin? Yuk baca artikel ini sampai akhir!

Tahukah Kamu? Ini 5 Cara Optimasi SEO pada Instagram

Tahukah Kamu? Ini 5 Cara Optimasi SEO pada Instagram

5 Cara Optimasi SEO pada Instagram

  1. Optimalkan Profil Instagram

Langkah pertama untuk melakukan optimasi SEO pada akun Instagram adalah dengan memperbaiki tampilan dan informasi yang muncul pada bio profil akunmu.  Meski terlihat sederhana, namun bio profil adalah identitas brand akunmu hingga bisa menjadi pertimbangan audience mengikuti akunmu. By the way, terdapat sejumlah hal penting yang harus kita perhatikan ketika mengoptimalkan profil Instagram, seperti:

  • Profil yang mudah pengguna lain akses
  • Foto profil yang menarik, penuh warna serta yang terpenting adalah sesuai dengan identitas brand kamu
  • Membuat nama pengguna yang mfamiliar bagi pengguna Instagram
  • Ubah akun Instagram menjadi Instagram bisnis
  • Berikan link yang relevan pada bio
  1. Berikan Keyword utama pada Bio Profile

Melakukan optimasi SEO pada Instagram bisa kita lakukan dengan menuliskan keyword utama niche konten akunmu pada informasi bio profil. Ini akan memudahkan audience untuk mencari akunmu, atau membuka ruang akunmu muncul pada pencarian di Instagram. Misalnya saja nih, niche kontenmu berhubungan dengan resep masakan, kamu bisa menuliskan informasi pada display name dengan nama “Resepmasakansederhana”, “Resepmasakan.yumna” atau “Resepyumna” dan lain sebagainya.

  1. Berikan Keyword Turunan pada Bio Profile

Setelah menuliskan keyword utama pada nama pengguna, kamu bisa menambahkan keyword turunan pada deskripsi bio profile. Setelah menuliskan “Resepyumna” sebagai display name, maka baris di bawahnya bisa kita berikan spesifikasi resep apa saja yang akan kamu share. Misalnya saja, “Resep Masakan Harian”, “Masak Simpel Anak Kos”, atau “Resep Sayur”, “Frozen Food” dan lain sebagainya.

  1. Tambahkan Keyword pada Hashtag

Cara penting selanjutnya adalah dengan menambahkan keyword pada hashtag. Namun ingat, penggunaan hashtag akan lebih optimal ketika kita sesuaikan dengan konten. Hahstag ini juga akan memudahkan kontenmu muncul pada pencarian Instagram ketika audience menuliskan hashtag yang sesuai dengan niche mu. Misalnya saja nih, kamu bisa menuliskan #masakanrumah #resepmasakansederhana #resepmasakmurah #tipsmasakalakost #resepmudahenak dan lain sebagainya.

  1. Berikan Keyword pada Caption

Setelah keyword muncul pada bio profile dan hastag, lokasi penting selanjutnya adalah penggunakan keyword pada caption. Meski proporsi caption harus kita perhatikan panjang pendek serta pemilihan katanya agar tetap menarik, memberikan selipan keyword utama juga penting untuk kita terapkan. Namun, pemberian keyword pada caption ini haruslah muncul senatural mungkin, tidak berlebihan serta tetap memperhatikan pemilihan kata hingga kalimat yang menarik.

Jasa Optimasi Instagram Bisnis bersama Desain Promosi

Melakukan optimasi SEO pada Instagram Bisnis tentu polanya sama dengan website. Kita arus rajin untuk cek insight, konten populer terkini, perkembangan Google SEO hingga tetap sabar dan konsisten untuk setiap hari membuat konten. Kunci keberhasilan optimasi SEO pada Instagram terletak pada konsistensi pembuatan konten. Ide konten yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan target market hingga pemilihan keyword yang tepat juga sangatlah penting. Tentu, semua hal ini sangatlah kompleks dan membutuhkan waktu, tenaga dan waktu yang cukup untuk selalu fokus pada riset keyword dan insight akun.

Nah, untuk memudahkan kamu pebisnis owner yang memang harus membagi waktu antara optimasi Instagram dan menghandle bisnis, Desain Promosi hadir untuk bantu kamu. Yup! Tim professional kami hadir dengan layanan Jasa Optimasi Instagram Bisnis. Layanan ini akan mencakup ide konten, pembuatan konten, baik foto maupum video. Tidak cukup sampai disitu, kami juga melayani desain dan editing, posting dan optimasi, riset keyword dan hastag hingga laporan berkala setiap bulan. Bahkan, kamu bisa dapatkan gratis konsultasi Digital Marketing bersama tim kami.

Bagaimana Menghubungi Tim Kami?

Untuk konsultasi kebutuhan akun Instagrammu plus layanan optimasi Instagram Desain Promosi, yuk hubungi tim kami disini!

  • CS 1 : 0822-8847-4999
  • CS 2 : 0856-9528-5999
  • CS 3 : 0819-1106-8999
  • Instagram: @desain_promosi
  • Website: www.desainpromosi.co.id

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *