4 Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads – Sebagai pebisnis online kita pasti sudah sangat lekat dengan istilah Google Ads dan Facebook Ads. Yup! Keduanya adalah platform iklan potensial yang bisa bantu kita mempromosikan produk hingga menjangkau banyak calon konsumen. Namun, apa sih sejatinya perbedaan kedua platform tersebut? Yuk kita pelajari disini!

4 Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads

Untuk membuat iklan yang berhasil atau winning, tentunya kita harus memperhatikan jenis konten hingga di platform mana kita mempromosikan konten tersebut. Setelah berhasil menemukan platform yang tepat, barulah kita mengatur target market yang berpotensi untuk tingkatkan potensi postingan kita terlihat oleh banyak pengguna lainnya. Nah, di bawah ini terdapat 4 perbedaan Google Ads dan Facebook Ads, catat ya!

Yuk Ketahui 4 Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads

Yuk Ketahui 4 Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads

  1. Cara penayangan iklan

Perbedaan pertama adalah dari cara penayangan iklan. Google ads akan menampilan iklan sesuai kata kunci paling relevan yang pengguna tuliskan di kolom pencarian Google. Sementara Facebook akan menampilkan iklan berdasarkan minat pengguna.

Sederhananya, Facebook akan lebih fokus pada penjangkauan merek sesuai dengan kesukaan atau kecenderungan pengguna ketika berselancar di media sosial. Hal ini karena pengguna Facebook tidak secara spesifik mencari sebuah produk melainkan menggunakan paltformnya untuk mencari hiburan atau informasi sesuai dengan minat mereka.

Sementara itu, Google secara lebih spesifik akan fokus pada konversi produk. Hal ini karena Google menjadi tempat dimana pengguna akan secara spesifik menuliskan apa yang mereka cari dan butuhkan. Lalu, Google ads akan menayangkan iklan sesuai dengan keyword yang mereka lampirkan.

  1. Penargetan audiens

Kemudian, dari segi penargetan audiens, Google Ads akan lebih terbatas pada keyword dan lokasi pengguna. Tentunya, kamu harus fokus pada pemilihan keyword yang tepat serta memilih lokasi yang yang spesifik di sejumlah wilayah tertentu.

Facebook ads sendiri memiliki cara penargetan audiens yang jauh lebih lengkap. Disini, kamu bisa menarget audiens sesuai dengan minat, perilaku dan pola, hingga lokasi. Tentu, karena penargetannya lebih lengkap dan spesifik, Facebook ads menjadi idola bagi setiap pebisnis online untuk mengawali pengiklanan mereka.

  1. Biaya iklan

Biaya menjadi salah satu syarat penting untuk sukses dalam beriklan secara online. Nah, Facebook ads sendiri memiliki biaya yang lebih murah ketimbang Google Ads. Namun kembali lagi, banyaknya target audience yang kamu gunakan juga akan berpengaruh terhadap biaya iklan yang harus kamu keluarkan. Menariknya, disini kamu bisa menyesuaikan biaya berdasarkan awareness, conversion hingga consideration.

Sementara itu, Google ads menetapkan biaya pengikalanan berdasarkan kata kunci yang kamu gunakan. Semakin banyak kata kunci hingga semakin populer kata kuncinya, maka akan berpengaruh terhadap biayanya yang juga akan lebih mahal.

  1. Jaringan penayangan iklan

Perbedaan keempat adalah pada jaringan penayangan iklannya. Google ads akan fokus menayangkan iklanmu pada Google, Youtube, Gmail, Gmaps, website dan aplikasi rekanan. Sementara itu, Facebook ads akan fokus pada Facebook, Instagram, Messenger, hingga Audience Network.

Pelajari Teknik Beriklan secara Optimal di Pelatihan Digital Marketing Desain Promosi

Ingin bisa menguasai teknik beriklan di Google dan Facebook Ads? Desain Promosi bisa bantu kamu kuasai skill beriklan melalui pelatihan digital marketing. Pelatihan ini akan sangat pas buat kamu UMKM, pebisnis online maupun perusahaan yang ingin tingkatkan omset melalui pengausaan startegi digital marketing, dan optimasi iklan adalah salah satu materi kami.

By the way, Desain Promosi adalah creative agency yang sudah berpengalaman di dunia digital marketing selama lebih dari 7 tahun. Jika biasanya kami fokus untuk membantu klien dalam optimasi akun sosial media, kini kami menambah layanan kami untuk fokus memberikan pendampingan kepada mitra,

Yup! Dedikasi kami untuk bisa membantu UMKM naik kelas dan go digital kami wujudkan melalui program pendampingan digital marketing. Isi dari materi ini lengkap dan bisa kita aplikasikan langsung ke dalam bisnis Anda.

Bagaimana Menghubungi Admin Kami?

Ingin segera jadwalkan pertemuan bersama tim kami? Yuk hubungi kami disini!

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *