Mengenal Segmentasi Pasar – Memulai sebuah bisnis sulit rasanya jika tidak mengetahui ilmu dan strateginya. Salah satunya adalah dengan mengetahui segmentasi pasar agar penjualan lebih menguntungkan. Pada praktiknya, tidak banyak pebisnis pemula yang paham terkait segmentasi pasar. Nah, pada kesepatan kali ini, Desainpromosi akan bahas lebih jauh lagi terkait Segmentasi Pasar, manfaat sekaligus langkah untuk menentukannya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini ya!

Apa itu Segmentasi Pasar?

Well, sebelum mengenal lebih jauh terkait langkah penerapan, kita perlu paham nih jika segmentasi pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki satu karakteristik yang sama. Pengelompakan orang-orang ini penting untuk mempermudah pemasaran sebuah produk.

Yuk Lebih Jauh Mengenal Segmentasi Pasar

Mengapa Segmentasi Pasar Penting?

Dengan mengetahui kelompok orang-orang denganb ketertarikan yang sama akan lebih memudahkan anda dalam proses promosi. Menentukan segmen ini juga bisa membuat penjualan lebih terarah dan efektif. Misalnya, anda menemukan segmentasi wanita remaja, pecinta korea maka produk yang sudah pasti akan menarik bagi mereka adalah produk-produk korea seperti pernak pernik idol korea, makanan, aksesoris dan sejenisnya.

Mengenal Segmentasi Pasar – Cara Menentukan

Nah, anda sudah mengetahui pengertian segmentasi pasar dan manfaatnya untuk bisnis. Sekarang, anda sudah bisa memulai untuk menetukan sebuah market segmen yang mungkin akan berguna bagi bisnis anda. Tidak perlu berlama-lama, yuk simak ulasan di bawah ini!

  • Step 1# Pahami Secara Keseluruhan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memahami secara kesuluruhan konsep bisnis anda. Setelah mengatahui konsepnya, anda bisa secara perlahan mulai mengerucutkan terkait manfaat dan siapa saja yang kemungkinan besar akan membutuhkan produk anda.

  • Step 2# Tentukan Micromarket

Nah, setelah memahami konsep bisnis dan menentukan kategori yang kemungkinan besar akan membutuhkan produk anda, maka menentukan micromarket adalah langkah selanjutnya yang harus anda ambil. Disini, anda bisa mulai kembali mengerucutkan kategorinya.

Misalnya, anda memiliki produk jasa foto produk, anda memiliki kategori calon pelanggan adalah pria dan wanita usia 18-40 tahun. Lalu, micromarketnya akan lebih spesifik ke pria dan wanita yang memiliki bisnis online maupun offline, dan lain sebagainya.

Bagaimana Pengelompokan Segmentasi Pasar?

Kemudian, setelah berhasil menentukan target micromarket dan kategori secara luasnya, anda bisa mulai mengelompokannya. Secara umum, segmentasi pasar memiliki sejumlah kategori. Kategori tersebut adalah:

  1. Kategori Geografis, sebuah kategori berdasarkan domisili, wilayah dan sejenisnya.
  2. Demografis, kategori ini akan berfokus pasa usia, status pernikahan, pekerjaan, jenis kelamin dan lain sebagainya.
  3. Kategori Psikologis, kategori selanjutnya akan berfokus pada kategori berdasarkan gaya hidup, opini dan ketertarikan.
  4. Benefit Sought atau kategori yang berfokus pada keuntungan spesifik yang ada dari pembelian produk.
  5. Yang terakhir adalah berdasarkan Behavioral atau hubungan antara pelanggan dengan produk yang anda tawarkan.

Jasa Digital Marketing Profesional dan Terbaik

Karena konsep segmentasi pasar ini menjadi komponen penting ketika memulai sebuah bisnis, maka perlu kiranya untuk mendukungnya dengan strategi digital marketing yang handal. Yup! Anda harus paham jika strategi digital marketing yang tepat akan membantu penjualan berjalan efektif.

Nah, jasa digital marketing terbaik dan professional adalah salah satu partner kerja terbaik yang harus anda miliki. Terlebih bagi anda yang baru saja memulai sebuah bisnis. Desainpromosi.co.id adalah layanan Jasa Digital Marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam mengelola strategi digital marketing. Yang termasuk dalam bidang layanan kami adalah Jasa Admin Media Sosial, Jasa Foto Produk, Desain Grafis juga Pembuatan dan Optimasi Website.

Bagaimana Cara Menghubungi Admin Desainpromosi.co.id?

Desainpromosi.co.id adalah layanan jasa digital marketing terbaik yang harus anda pilih diantara banyaknya jasa lainnya. Jika anda tertarik untuk konsultasi atau langsung melakukan pemesanan layanan, langsung saja hubungi tim kami melalui:

Costumer service : 0856 9528 5999 , 0822  8847 4999, 0819 1106 8999 (WA)

Email                      : cs@yoisoweb.com, marketingyoisoweb@gmail.com

Website                 : www.desainpromosi.co.id

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *